Agus Mulyana
Software pengembangan
animasi dimensi tiga merupakan software yang
banyak digunakan oleh para praktisi dalam
bisnis periklanan. Software ini banyak ragamnya, sesuai
dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan untuk memudahkan pengguna.
Discreet 3DS Max merupakan software dimensi tiga yang
dapat membuat objek dimensi tiga tampak
realistis. Keunggulan yang dimiliki adalah
kemampuannya dalam menggabungkan objek image,
vektor dan tiga dimensi, serta langsung
dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi
tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri
sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia grafik khususnya animasi
3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan
feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk
semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai
tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide kreatifitas dalam berkarya.
Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa selaku insan yang bergelut
dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari
penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini
disusun dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam
mempelajari dan mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan
menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup
dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi
siswa untuk dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka
Area kerja 3ds max
Area kerja 3ds max
1. Menu, berisi berbagai
macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita
buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada
umumnya.
2. Tool Reactor,
berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi
reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create
> Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi
perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang
kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu
objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku
panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di
bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan
istilah rollout.
4. Viewport,
merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam
sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan
dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8
sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back,
perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning
di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds
max.
5. Main toolbar,
dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam
memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar
seperti tampak pada gambar di bawah ini :
a. Undo berfungsi sebagai
history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan
dari undo
c. Select and link
berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada
sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink selection
merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan
tersebut.
e. Bind to space warp
merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek
tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter
merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan
dipilih.
g. Select object
digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h. Select by name
digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and move
digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select and rotate
digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scale
digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use center flyout
digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses
transformasi.
m. Mirror digunakan
untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer manager
digunakan untuk mengatur layer
o. Curve editor
digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material editor
merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita
buat
q. Render scene dialog
digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1. Time Slider dan tool-tool untuk
navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu
kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat
dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
a. Time Slider
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang
berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi
objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga
kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
Posted in: 3Ds Max
thanks yaaa
BalasHapus